Cetak Biru Akademi Komunitas Disiapkan

Cetak Biru Akademi Komunitas Disiapkan

08/25/2012 (All day)

Jakarta — Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan menyiapkan cetak biru pendirian Akademi Komunitas (AK). Dalam cetak biru tersebut akan disusun skenario implementasi AK, mulai dari rencana waktu pembangunan, rencana lokasi, hingga rencana dosen dan instruktur yang akan bertugas di AK.

Diungkap Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, Di setiap kabupaten/kota akan didirikan AK. Rencana tersebut dituangkan dalam RKP 2013. “Akan keluar pada September-Oktober mendatang,” kata Menteri Nuh di Jakarta, Jumat (24/08) siang.

Sebagai model, kata Mendikbud, pada tanggal 9 September 2012 ini akan dipasang tiang pancang pembangunan AK pertama di Pacitan, Jawa Timur. AK pertama ini akan menjadi salah satu AK percontohan bersama 19 AK lainnya yang akan segera dibangun di beberapa lokasi.

AK di Pacitan ini akan membidangi otomotif, agro, IT, dan perhotelan. “Dia (AK) di Pacitan ini akan memiliki mini hotel sendiri,” tutur mantan Rektor ITS ini.

Adapun 19 lokasi pendirian AK lainnya adalah, Kabupaten Aceh Barat, Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Rejang Lebong,  Kabupaten Muko-muko, Kota Prabumulih, Kabupaten Lampung Tengah, Kabupaten Ponorogo, Kota Blitar, Kabupaten Temanggung, Kabupaten Sumenep, Kabupaten Situbondo, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Bojonegoro,  Kabupaten Sumbawa, Kabupaten Kolaka, Kota Mataram, Kabupaten Tuban, Kabupaten Kerom.

Cetak biru AK yang akan disiapkan tidak hanya melingkupi sekolah, tapi juga skenario mahasiswa yg ditampung, berapa lulusannya, dan dosennya seperti apa. “Jadi tidak hanya mendirikan saja,” katanya. (AR)

 

Sumber : http://url.stisitelkom.ac.id/74772

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.