Sitemap atau peta situs adalah struktur dari tautan-tautan (link) pada website yang saling memiliki relevansi dan keterkaitan. Keberadaan sitemap pada sebuah website akan memudahkan Search Engine melakukan crawl atau penjejakan ke seluruh konten yang ada di situs anda. Jadi pemilik website, khusus bagi anda yang belum memiliki sitemap di website anda, mari luangkan sedikit waktu anda hari ini untuk membuat sitemap. Berikut adalah cara membuatnya, sekaligus submit sitemap tersebut ke Google.

1. Sign in ke Google webmaster tools (www.google.com/webmasters/sitemaps) menggunakan akun google anda.

2. Add site anda ke dalam akun webmaster tools anda.

3. Verify situs Anda; bisa dengan membuat sebuah file html kosong dengan nama yang diotomatisasi oleh google, atau dengan memasukkan meta tag pada halaman index situs anda.

4. Buat sitemapCara termudahnya adalah menggunakan sitemap generator. Disini anda bisa gunakan alternatif sitemap generator seperti http://www.auditmypc.com/web-master-tools.asp.

5. Kembali ke Google webmaster tools anda dan klik tab Sitemap.

6. Klik “Add a Sitemap”.

7. Pilih ‘General Web Sitemappada menu drop down.

8. Masukkan URL dimana sitemap anda bisa diakses. Contohnya http://www.mysite.com/sitemap.xml

9. Klik ‘Add Web Sitemap’.

10. Selamat, Setting Sitemap telah selesai! Sekarang tinggal menunggu beberapa hari hingga Google mendownload sitemap baru anda. Pastikan anda tidak memasukkan halaman admin atau halaman terlindung password lainnya. Jika ya, maka pertama kali pastikan anda menghapusnya.

11. Untuk memeriksa adakah broken link di sitemap anda, bisa dilakukan melalui situs: http://validator.w3.org/checklink

Kenapa Butuh Sitemap?

“Ah, konten saya sudah unik (bukan copas), orisinil, dan berkualitas. Jadi sudah pasti konten saya mudah termakan mesin pencari. Buat apa lagi pakai Sitemap?” Belum tentu. Justru jika web/blog anda kontennya selalu update sehingga semakin banyak tautan di dalamnya, maka Sitemap adalah sebuah kewajiban. Dengan Sitemap, anda meminimalkan artikel yang terlewatkan dalam proses crawling oleh robot mesin pencari.

Sitemap juga dapat kita gunakan untuk memberikan tambahan informasi tentang halaman kita kepada mesin pencari, misalnya:

Sitemap merupakan rujukan pertama yang akan dilihat oleh robot mesin pencari sewaktu akan melakukan crawling pada website anda. Begitu pentingnya sebuah sitemap, jadi jangan lupa pasang sekarang juga di website anda. Cukup sekali setting untuk selamanya. Selamat mencoba ;-)

 

Sumber : http://mediabisnisonline.com/cara-membuat-google-sitemap-untuk-website-anda/

Cara Membuat Google Sitemap untuk Website Anda